PELATIHAN PEMBUATAN PAKAN IKAN TERAPUNG DAN TENGGELAM

PELATIHAN PEMBUATAN PAKAN IKAN TERAPUNG DAN TENGGELAM

Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Terapung dan Tenggelam

Apakah Anda pernah berpikir bagaimana cara budidaya ikan yang dapat memainkan peran krusial dalam memenuhi kebutuhan protein global? Salah satu faktor kunci dalam keberhasilan budidaya ikan adalah kualitas pakan yang diberikan. Pelatihan dalam pembuatan pakan ikan terapung dan tenggelam menjadi esensial untuk mencapai hasil yang optimal dalam budidaya ikan. Mari kita telaah pengertian pembuatan pakan ikan terapung dan tenggelam serta mengapa alasan pelatihan ini sangat diperlukan.

 

Pengertian Pembuatan Pakan Ikan Terapung dan Tenggelam 

Pembuatan pakan ikan terapung dan tenggelam adalah proses meracik dan memproduksi pakan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi ikan. Pakan ini dirancang agar dapat mengambang di permukaan air (pakan terapung) atau tenggelam di dasar kolam (pakan tenggelam). Kedua jenis pakan ini memerlukan pemahaman mendalam tentang kebutuhan nutrisi ikan, pemilihan bahan baku yang tepat, dan teknik produksi yang efisien.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pelatihan ini sangat diperlukan :

  1. Optimalisasi Nutrisi Ikan:

Pelatihan membantu para pembudidaya untuk memahami kebutuhan nutrisi yang spesifik untuk berbagai jenis ikan. Dengan memahami komposisi nutrisi yang tepat, pembuat pakan dapat menciptakan formula yang mendukung pertumbuhan dan kesehatan optimal ikan.

  1. Pemilihan Bahan Baku yang Tepat:

Dengan pengetahuan yang diperoleh melalui pelatihan, pembuat pakan dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih bahan baku yang berkualitas tinggi. Pemilihan bahan yang baik akan menciptakan dasar pakan yang sehat dan bergizi bagi ikan.

  1. Peningkatan Efisiensi Produksi:

Pelatihan mengajarkan teknik-teknik penggilingan, pencampuran, dan produksi pakan secara efisien. Pembuat pakan yang terlatih dapat mengoptimalkan proses produksi, mengurangi limbah, dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

  1. Adaptasi terhadap Kondisi Lingkungan:

Peserta pelatihan akan belajar cara mengadaptasi formula pakan tergantung pada kondisi lingkungan, seperti suhu air, kepadatan ikan, dan kualitas air. Hal ini membantu dalam menyusun pakan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik kolam budidaya.

  1. Pembuatan Pakan Sesuai dengan Jenis Ikan:

Setiap jenis ikan memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Pelatihan memberikan pemahaman mendalam tentang kebutuhan spesifik setiap jenis ikan, memungkinkan pembuat pakan untuk menciptakan formulasi yang sesuai.

  1. Pemahaman Terhadap Proses Ekstrusi dan Pembentukan:

Proses ekstrusi untuk pakan terapung dan metode pembentukan untuk pakan tenggelam memerlukan pemahaman teknis yang mendalam. Melalui pelatihan, peserta akan dapat menguasai teknik ini untuk memproduksi pakan dengan kualitas tinggi.

  1. Mendukung Kesejahteraan Ikan:

Pakan yang dibuat dengan benar tidak hanya mendukung pertumbuhan ikan, tetapi juga mendukung kesejahteraan mereka secara keseluruhan. Nutrisi yang seimbang membantu mencegah penyakit dan memastikan keberlanjutan operasi budidaya ikan.

Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Terapung dan Tenggelam ini berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 12 sampai dengan 13 Desember 2023 dengan 1 peserta dari Pokdakan Berkah Bersama. Dengan training yang di selenggarakan oleh Berdiklat Training, pelatihan ini berjalan dengan lancar dan sangat interaktif dari peserta. Selama pelatihan forum terus berjalan karena ada nya diskusi yang aktif dari peserta dan trainer terkait pengalaman di lapangan. Dan berikut testimoni peserta: “Banyak berkesan, banyak yang bisa kita gali, penemuan yg baru / inspirasi, yang sebelumnya tidak tahu cara kerjanya akhirnya menjadi tahu serta banyak penemuan-penemuan dalam ini yang bisa disinkronkan yang tadinya tidak punya menjadi punya, untuk pesannya dapat diterima dan dapat dimengerti”.

Beberapa materi pelatihan pembuatan pakan ikan terapung dan tenggelam yang didiskusikan peserta bersama trainer antara lain seperti nutrisi pakan, proses pencernaan pakan, bahan pakan, produksi pakan, penyusunan formulasi pakan dan prosedur pembuatan pakan.

https://berdiklat.com/pelatihan-pakan-ikan-terapung-dan-tenggelam/

Pelatihan dalam pembuatan pakan ikan terapung dan tenggelam adalah investasi yang sangat berharga bagi para pembuat pakan dan pembudidaya ikan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pelatihan, mereka dapat meningkatkan kualitas pakan yang diberikan kepada ikan, menciptakan lingkungan budidaya yang optimal, dan menyongsong kesuksesan dalam industri budidaya ikan. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan nutrisi ikan dan teknik produksi pakan yang efisien, pelatihan ini merangsang inovasi dan berkontribusi pada pertumbuhan berkelanjutan dalam budidaya ikan.

Dengan demikian, jika Anda ingin memahami bagaimana cara pembuatan pakan ikan terapung dan tenggelam dengan lebih baik, pertimbangkan untuk mengikuti pelatihan yang relevan. Hal ini akan membantu Anda dan organisasi Anda dalam menghindari masalah yang berpotensi mahal dan berbahaya. Apabila perusahaan Anda membutuhkan pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Terapung dan Tenggelam untuk menambah wawasan karyawan silahkan hubungi marketing training kami melalui WA 0812 2534 6564, 0853 2672 5665,0812 2534 6568  atau nomor telepon berikut (0274) 4530527.

pelatihan budidaya ayam kampung
Pelatihan Budidaya Ayam Kampung

Apakah anda seorang :

Pensiunan yang ingin membuka Usaha Budidaya Ayam Kampung?

Pemilik Bisnis Ayam Kampung?

Karyawan yang ingin memiliki usaha sampingan Budidaya Ayam Kampung?

Mahasiswa yang ingin memiliki usaha sampingan Budidaya Ayam Kampung?

CSR di Perusahaan yang ingin memberdayakan masyarakat dengan Budidaya Ayam Kampung?

Bussiness Analyst Bank atau Lembaga Keuangan?

Atau bahkan dosen yang sedang meneliti Ayam Kampung Read More

Training Teknik Budidaya Cabai Hibrida dengan Sistim Mulsa Plastik
Training Teknik Budidaya Cabai Hibrida dengan Sistim Mulsa Plastik

Silabus Training Teknik Budidaya Cabai Hibrida dengan Sistim Mulsa Plastik

Deskripsi Training :

Training Teknik Budidaya Cabai Hibrida dengan Sistim Mulsa PlastikMenanam cabe adalah kegiatan budidaya di bidang pertanian yang bisa dibilang cukup menarik dibandingkan dengan menanam tanaman holtikultura yang lain, karena menanam cabe membutuhkan keahlian dan intesitas perawatan yang lebih intensif. Belakangan ini banyak dilakukan budidaya cabe hibrida dengan sistem mulsa plastik dan mulai dipraktekkan pada jenis cabe Hero, Hot Beauty, Ever-Flavor, Long Chili maupun pada cabe Paprika.

Dimungkinkan juga dilakukan pada usaha tani cabe keriting hibrida maupun cabe kecil/rawit hibrida. Alasan utama sistem mulsa plastic di gunakan pada cabe-cabe hibrida adalah untuk mengimbangi biaya pengadaan, sehingga meningkatkan hasil cabe yang lebih tinggi dari pada cabe biasa sehingga secara ekonomis menguntungkan. Mulsa plastik sendiri adalah material penutup tanaman budidaya yang dimaksudkan untuk menjaga kelembaban tanah serta menekan pertumbuhan gulma dan penyakit sehingga membuat tanaman tersebut tumbuh dengan baik.

Mulsa plastic dibedakan menjadi dua macam dilihat dari bahan asalnya yaitu mulsa organic dan anorganik. Mulsa organic berasal dari bahan alami yang mudah terurai seperti sisa-sisa tanaman (jerami dan alang-alang), dan biasanya diberikan pada saat tanaman sudah ditanam ke media tanah.

Sedangkan mulsa anorganik terbuat dari bahan sintetis yang sukar/tidak dapat terurai di tanah. Contoh mulsa anorganik adalah mulsa plastic, mulsa plastic hitam perak atau karung, dan biasanya mulsa plastic dipasang sebelum tanaman ditanam di media tanah, biasanya banyak digunakan dalam budidaya cabai atau melon.

Budidaya tanaman cabe hibrida dengan sistem mulsa plastic merupakan perbaikan kultur teknik kearah yang lebih intensif. Pada umumnya sistem budidaya cabe di pusat-pusat produksi cabe masih menggunakan benih local dan populasi tanaman per hektarnya tinggi. Populasi atau banyaknya tanaman yang sangat rapat ini dapat mengakibatkan penangkapan sinar matahari setiap tanaman berkurang dan kelembaban udara di sekitar kebun menjadi tinggi.

Kelembaban yang tinggi akan menyebabkan meningkatnya serangan hama dan penyakit. Perbaikan kultur teknik budidaya cabe secara intensif untuk meningkatkan produksi maupun kualitas hasil diantaranya adalah penggunaan benih unggul dari varietas hibrida yang bermutu tinggi, penerapan mulsa plastic, pemupukan yang seimbang, pengendalian hama dan penyakit, serta cara-cara lain yang khas seperti pemasangan terus dan perempelan tunas ataupun daun.

Untuk itukami mengajak para petani cabai, para UKM, dan instrument yang berkaitan dengan pertanian dan perkebunan agar mengetahui teknik budidaya cabai hibrida dengan sistem mulsa plastic serta dapat mengahsilkan cabai hibrida yang berdaya jual tinggi.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Teknik Budidaya Cabai Hibrida dengan Sistim Mulsa Plastik ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Manfaat Dan Tujuan Training :

Dengan mengikuti pelatihan Teknik Budidaya Cabai Hibrida dengan Sistim Mulsa Plastik Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Teknik Budidaya Cabai Hibrida dengan Sistim Mulsa Plastik dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang  agro

Training teknik budidaya cabai hibrida dengan sistem mulsa plastik ini sebagai alat bantu untuk para petani cabai atau penghobi tanaman yang masih pemula serta instrument yang berkaitan dengan pertanian atau perkebunan agar dapat mengetahui cara atau teknik budidaya cabai hibrida dengan menggunakan mulsa plastik yang baik dan benar sehingga mengahasilkan cabai hibrida yang berkualitas dan berdaya jual tinggi.

Materi Training :

  • Pengertian dasar tentang teknologi mulsa plastik
  • Cara memilih bibit cabai hibrida yang berkualitas dan sesuai dengan sistem mulsa plastik
  • Jenis – jenis sistem mulsa plastik
  • Teknik atau cara menanam cabai hibrida dengan sistem mulsa plastik yang baik dan benar

Metode Training :

Metode Training Teknik Budidaya Cabai Hibrida dengan Sistim Mulsa Plastik dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

Instructor Training :

Instruktur yang berkompeten di bidang agro

Peserta Training :

Peserta yang dapat mengikuti training Teknik Budidaya Cabai Hibrida dengan Sistim Mulsa Plastik ini adalah yang ingin mendalami bidang agro .

 

Jadwal Berdiklat Training 2024:

  • Batch 1 : 10 – 11 Januari 2024 || 23 – 24 Januari 2024
  • Batch 2 : 6 – 7 Februari 2024 || 20 – 21 Februari 2024
  • Batch 3 : 5 – 6 Maret 2024 || 19 – 20 Maret 2024
  • Batch 4 : 2 – 3 April 2024 || 15 – 16 April 2024
  • Batch 5 : 7 – 8 Mei 2024 || 21 – 22 Mei 2024
  • Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024 || 19 – 20 Juni 2024
  • Batch 7 : 3 – 4 Juli 2024 || 17 – 18 Juli 2024 || 30 – 31 Juli 2024
  • Batch 8 : 13 – 14 Agustus 2024 || 26 – 27 Agustus 2024
  • Batch 9 : 10 – 11 September 2024 || 24 – 25 September 2024
  • Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024 || 23 – 24 Oktober 2024
  • Batch 11 : 5 – 6 November 2024 || 20 – 21 November 2024
  • Batch 12 : 2 – 3 Desember 2024 || 16 – 17 Desember 2024

 

Kisaran Rp 5.000.000,- an (**syarat dan ketentuan berlaku**)
Harga setiap kota akan berbeda serta semakin banyak peserta dalam 1 instransi yang sama, pun akan lebih murah. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami segera.

Investasi dan Lokasi pelatihan:

  • Yogyakarta
  • Jakarta
  • Bandung
  • Bali
  • Surabaya

Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas :

  • Module / Handout
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive
  • Training room full AC and Multimedia
Training Early Warning For Your Financial Distress
Training Early Warning For Your Financial Distress

Silabus Training Early Warning For Your Financial Distress

Deskripsi Training :

Training Early Warning For Your Financial DistressSalah satu aspek pengukuran kinerja perusahaan adalah melakukan analisa atas laporan keuangan. Dengan menganalisis laporan keuangan dapat diketahui kinerja perusahaan di masa lalu dan posisi keuangan pada saat ini.

Dari hasil penilaian tersebut serta data-data tambahan lainnya manajemen dapat melihat potensi perusahaan di masa depan serta kemungkinan risiko yang ada sehingga manajemen dapat merencanakan hal-hal yang dipandang akan menaikkan performance perusahaan serta perbaikan atas hal-hal yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Pelatihan ini akan membantu para manajer atau profesional terutama yang berlatar belakang non keuangan memahami berbagai teknik analisis laporan keuangan dan kaitannya terhadap keputusan bisnis sehari-hari. Pelatihan ini juga didesain untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa laporan keuangan berdampak pada bisnis dan sasaran hasil operasional.

Dengan begitu diharapkan melalui pelatihan ini akan menumbuhkan pengertian bagi para manajer atau profesional terhadap fungsi analisa laporan keuangan serta teknik-teknik yang digunakan dalam analisa laporan keuangan.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Early Warning For Your Financial Distress ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Tujuan Training:

Dengan mengikuti pelatihan Early Warning For Your Financial Distress Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Early Warning For Your Financial Distress dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Financial

  1. Mampu membaca dan melakukan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan sehingga dalam melakukan tugas yang menjadi tanggung jawabnya mempunyai dasar yang kuat dari sisi keuangan.
  2. Bisa memberikan sumbangan pemikiran dari sisi keuangan perusahaan terhadap kondisi yang dihadapi perusahaan
  3. Menciptakan koordinasi yang lebih baik dengan unit lain dari sisi keuangan yang terkait dengan tugas yang menjadi tanggung jawabnya
  4. Mengenal teknik-teknik analisis laporan keuangan serta manfaatnya bagi perusahaan dengan lebih baik

Materi Training:

  1. Laporan Keuangan
  2. Keterbatasan pada Analisis Laporan Keuangan
  3. Analisis Vertikal dan Horizontal
  4. Analisis Trend
  5. Analisis Ratio
  6. Rasio Likuiditas
  7. Rasio Solvabilitas
  8. Rasio Profitabilitas
  9. Pengukuran Lainnya
  10. Break-Even Analisis
  11. Kontribusi per unit (CPU) dan persentase kontribusi terhadap penjualan (CPS)
  12. Rasio-Ratio Investasi
  13. Nilai sekarang bersih (NPV)
  14. Net B/C ratio
  15. Tingkat pengembalian internal (IRR)
  16. Simulasi Kasus

Metode Training:

Metode Training Early Warning For Your Financial Distress dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

Instructor Training:

Instruktur yang berkompeten di bidang Financial

Peserta Training:

Peserta yang dapat mengikuti training Early Warning For Your Financial Distress ini adalah yang ingin mendalami bidang Financial.

 

Jadwal Berdiklat Training 2024:

  • Batch 1 : 10 – 11 Januari 2024 || 23 – 24 Januari 2024
  • Batch 2 : 6 – 7 Februari 2024 || 20 – 21 Februari 2024
  • Batch 3 : 5 – 6 Maret 2024 || 19 – 20 Maret 2024
  • Batch 4 : 2 – 3 April 2024 || 15 – 16 April 2024
  • Batch 5 : 7 – 8 Mei 2024 || 21 – 22 Mei 2024
  • Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024 || 19 – 20 Juni 2024
  • Batch 7 : 3 – 4 Juli 2024 || 17 – 18 Juli 2024 || 30 – 31 Juli 2024
  • Batch 8 : 13 – 14 Agustus 2024 || 26 – 27 Agustus 2024
  • Batch 9 : 10 – 11 September 2024 || 24 – 25 September 2024
  • Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024 || 23 – 24 Oktober 2024
  • Batch 11 : 5 – 6 November 2024 || 20 – 21 November 2024
  • Batch 12 : 2 – 3 Desember 2024 || 16 – 17 Desember 2024

 

Kisaran Rp 5.000.000,- an (**syarat dan ketentuan berlaku**)
Harga setiap kota akan berbeda serta semakin banyak peserta dalam 1 instransi yang sama, pun akan lebih murah. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami segera.

Investasi dan Lokasi pelatihan:

  • Yogyakarta
  • Jakarta
  • Bandung
  • Bali
  • Surabaya

Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas :

  • Module / Handout
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive
  • Training room full AC and Multimedia
Training Accounting and cost control perkebunan
Training Accounting and cost control perkebunan

Silabus Training Accounting and cost control perkebunan

Deskripsi :

Training Accounting and cost control perkebunanBidang usaha perkebunan memiliki karakteristik tersendiri karena pengelolaan tanaman dengan system penilaian dan perhitungannya yang berbeda. Pada pelatihan ini para peserta akan dibekali dengan pengetahuan bagaimana perlakuan akuntansi berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan, perhitungan biaya serta teknik yang aplikatif dalam melakukan proses pengendalian terutama pengendalian biaya dengan pendekatan praktis dan oparasional.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Accounting and cost control perkebunan ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Tujuan :

Dengan mengikuti pelatihan Accounting and cost control perkebunan Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Accounting and cost control perkebunan dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Akuntansi

  • Memahamibentuk dan struktur laporan keuangan perusahaan perkebunan
  • Memahami Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang konvergen dengan IFRS
  • Memahami bagaimana perlakuan akuntansi terhadap biaya tanaman belum menghasilkan dan tanaman menghasilkan
  • Menguasai teknik perhitungan biaya produksi dan penilaian persediaan
  • Menguasai teknik pengendalian biaya
  • Memahami bentuk pelaporan yang dibutuhkan dan dokumen pendukung operasional

Materi :

  • Karateristik Industri Perkebunan
  • Laporan Keuangan Perusahaan Perkebunan
  • Neraca dan laba Rugi Comprehensive
  • Pengakuan Biaya-Biaya Praoperasional
  • Penilaian Persediaan & Biaya Produksi
  • Persediaan
  • Pelaporan & Dokumen Pendukung Produksi
  • Control Biaya
  • Aset Tetap, Depresiasi Dan Amortisasi
  • Pelaporan Segmen Industri Perkebunan
  • Pengakuan Pendapatan ; Produk Utama Perkebunan
  • Studi Kasus / Praktek pemecahan masalah Accounting and cost control perkebunan

Metode

Metode Training Accounting and cost control perkebunan dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

Peserta

Peserta yang dapat mengikuti training Accounting and cost control perkebunan ini adalah yang ingin mendalami bidang akuntansi

Instructor

Instruktur yang berkompeten di bidang Akuntansi

 

Jadwal Berdiklat Training 2024

  • Batch 1 : 10 – 11 Januari 2024 || 23 – 24 Januari 2024
  • Batch 2 : 6 – 7 Februari 2024 || 20 – 21 Februari 2024
  • Batch 3 : 5 – 6 Maret 2024 || 19 – 20 Maret 2024
  • Batch 4 : 2 – 3 April 2024 || 15 – 16 April 2024
  • Batch 5 : 7 – 8 Mei 2024 || 21 – 22 Mei 2024
  • Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024 || 19 – 20 Juni 2024
  • Batch 7 : 3 – 4 Juli 2024 || 17 – 18 Juli 2024 || 30 – 31 Juli 2024
  • Batch 8 : 13 – 14 Agustus 2024 || 26 – 27 Agustus 2024
  • Batch 9 : 10 – 11 September 2024 || 24 – 25 September 2024
  • Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024 || 23 – 24 Oktober 2024
  • Batch 11 : 5 – 6 November 2024 || 20 – 21 November 2024
  • Batch 12 : 2 – 3 Desember 2024 || 16 – 17 Desember 2024

Kisaran Rp 5.000.000,- an (**syarat dan ketentuan berlaku**)
Harga setiap kota akan berbeda serta semakin banyak peserta dalam 1 instransi yang sama, pun akan lebih murah. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami segera.

Investasi dan Lokasi pelatihan:

  • Yogyakarta
  • Jakarta
  • Bandung
  • Bali
  • Surabaya

Catatan :

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas :

  • Module / Handout
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive
  • Training room full AC and Multimedia
Training for Trainer

Training for Trainer

Deskripsi Pelatihan untuk Pelatih :

Trainer adalah orang yang memberikan training atau pelatihan kepada peserta training trainee. Seorang trainer yang baik mampu membuat peserta training menjadi memiliki skill / keahlian sesuai dengan materi trainig yang disampaikan.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan For Trainer ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Tujuan Pelatihan untuk Pelatih :

Dengan mengikuti pelatihan For Trainer Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai For Trainer dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Human Resource.

-> Pemahaman tentang Andragogi •
-> Mampu membuat analisis A.U.D.I.E.N.C.E
-> Penguasaan Kompetensi Pelatih: analisis Peserta, Presentasi Terstruktur, Keterampilan Komunikasi, Pemahaman interpersonal
-> Mampu memperkaya materi menggunakan pendekatan AISHA dalam rangka penguatan kemampuan peserta

Metode Pelatihan untuk Pelatih :

Metode Training For Trainer dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

Instructor untuk pelatih

Instruktur yang berkompeten di bidang Human Resource

-> Fachrie Firdaus Alba
-> Hendrik Silitonga
-> Rudi Hilman

Peserta untuk pelatih

Peserta yang dapat mengikuti training For Trainer ini adalah yang ingin mendalami bidang Human Resource.

Jadwal Berdiklat Training 2024

  • Batch 1 : 10 – 11 Januari 2024 || 23 – 24 Januari 2024
  • Batch 2 : 6 – 7 Februari 2024 || 20 – 21 Februari 2024
  • Batch 3 : 5 – 6 Maret 2024 || 19 – 20 Maret 2024
  • Batch 4 : 2 – 3 April 2024 || 15 – 16 April 2024
  • Batch 5 : 7 – 8 Mei 2024 || 21 – 22 Mei 2024
  • Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024 || 19 – 20 Juni 2024
  • Batch 7 : 3 – 4 Juli 2024 || 17 – 18 Juli 2024 || 30 – 31 Juli 2024
  • Batch 8 : 13 – 14 Agustus 2024 || 26 – 27 Agustus 2024
  • Batch 9 : 10 – 11 September 2024 || 24 – 25 September 2024
  • Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024 || 23 – 24 Oktober 2024
  • Batch 11 : 5 – 6 November 2024 || 20 – 21 November 2024
  • Batch 12 : 2 – 3 Desember 2024 || 16 – 17 Desember 2024

Kisaran Rp 5.000.000,- an (**syarat dan ketentuan berlaku**)
Harga setiap kota akan berbeda serta semakin banyak peserta dalam 1 instransi yang sama, pun akan lebih murah. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami segera.

Investasi dan Lokaspelatihan:

  • Yogyakarta
  • Jakarta
  • Bandung
  • Bali
  • Surabaya

Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas :

  • Module / Handout
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive
  • Training room full AC and Multimedia
TRAINING STRATEGI PENYELAMATAN ASSET NEGARA

SILABUS TRAINING STRATEGI PENYELAMATAN ASSET NEGARA

DESKRIPSI TRAINING STRATEGI PENYELAMATAN ASSET NEGARA

Banyaknya aset yang dimiliki negara saat ini sedemikian banyaknya sehingga para pelaku/penyerobot merasa bahwa ada yang lepas dari pengamatan.

Aset yang merupakan barang atau benda yang terdiri dari benda tak bergerak dan benda bergerak baik yang berwujud atau tidak berwujud yang tercakup dalam aktiva/kekayaan perusahaan.

Pengelolaan Aset (kekayaan) Perusahaan merupakan hal yang sangat penting karena  untuk memantau dan menghitung serta memanfaatkannya  secara optimal.

Untuk melindungi aset-aset perusahaan dari berbagai persoalan, perlu dilakukan kegiatan pembukuan dan inventarisasi asset-aset yang dilengkapi oleh dasar-dasar penguasaan hak yang diperoleh melalui surat resmi atau surat keputusan pemberian hak atas tanah maupun dari pelepasan atau penyerahan hak oleh masyarakat jika asset dalam bentuk tanah.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Strategi Penyelematan Asset Negara ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

TUJUAN TRAINING STRATEGI PENYELAMATAN ASSET NEGARA

Dengan mengikuti pelatihan Strategi Penyelematan Asset Negara Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Strategi Penyelematan Asset Negara dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Manajemen

MATERI TRAINING STRATEGI PENYELAMATAN ASSET NEGARA

  • Prinsip Pengelolaan Aset
  • Aspek Hukum mengenai Pengelolaan Aset Penanganan
  • Aset Perusahaan Pengaturan Tugas dan Wewenang Pengelolaan Aset, dan Mengatasi Konflik Terkait dengan Aset.
  • Strategi penyelamatan aset negara
  • Aspek Hukum dalam Strategi Penyelamatan Aset Negara
  • Aspek Sosiokriminologis dalam menangani konflik yang terkait dengan penyelamatan aset negara
  • Aspek Budaya dalam menangani konflik yang terkait dengan penyelamatan aset negara
  • Studi Kasus / Praktek pemecahan masalah Strategi Penyelematan Asset Negara

PESERTA STRATEGI PENYELAMATAN ASSET NEGARA

Peserta yang dapat mengikuti training Strategi Penyelematan Asset Negara ini adalah yang ingin mendalami bidang Manajemen.

Pelatihan ini sangat tepat untuk diikuti oleh para karyawan baik level staf maupun manajerial.

METODE STRATEGI PENYELAMATAN ASSET NEGARA

Metode Training Strategi Penyelematan Asset Negara dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

Presentation; Discussion; Case Study; Evaluation; Pre test & Post Test

INSTRUKTUR STRATEGI PENYELAMATAN ASSET NEGARA

Instruktur yang berkompeten di bidang Manajemen

Jadwal Berdiklat Training 2024

:

  • Batch 1 : 10 – 11 Januari 2024 || 23 – 24 Januari 2024
  • Batch 2 : 6 – 7 Februari 2024 || 20 – 21 Februari 2024
  • Batch 3 : 5 – 6 Maret 2024 || 19 – 20 Maret 2024
  • Batch 4 : 2 – 3 April 2024 || 15 – 16 April 2024
  • Batch 5 : 7 – 8 Mei 2024 || 21 – 22 Mei 2024
  • Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024 || 19 – 20 Juni 2024
  • Batch 7 : 3 – 4 Juli 2024 || 17 – 18 Juli 2024 || 30 – 31 Juli 2024
  • Batch 8 : 13 – 14 Agustus 2024 || 26 – 27 Agustus 2024
  • Batch 9 : 10 – 11 September 2024 || 24 – 25 September 2024
  • Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024 || 23 – 24 Oktober 2024
  • Batch 11 : 5 – 6 November 2024 || 20 – 21 November 2024
  • Batch 12 : 2 – 3 Desember 2024 || 16 – 17 Desember 2024

 

Kisaran Rp 5.000.000,- an (**syarat dan ketentuan berlaku**)
Harga setiap kota akan berbeda serta semakin banyak peserta dalam 1 instransi yang sama, pun akan lebih murah. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami segera.

Investasi dan Lokasi pelatihan :

  • Yogyakarta
  • Jakarta
  • Bandung
  • Bali
  • Surabaya

Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas :

  • Module / Handout
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive

Training room full AC and Multimedia

Training Pembuatan Pupuk Organik

SILABUS TRAINING PUPUK ORGANIK

DESKRIPSI PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK PUPUK ORGANIK

Pupuk organik adalah pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas bahan organik yang berasal dari tanaman dan atau kotoran hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat berbentuk padat, atau cair yang digunakan untuk mensuplai bahan organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Sumber bahan organik dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian dan llimbah kota. Training Pembuatan Pupuk Organik ini bertujuan agar peserta dapat membuat pupuk organik sendiri dan mengajarkannya ke khalayak.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Pembuatan Pupuk Organik ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Tujuan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Dengan mengikuti pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Pembuatan Pupuk Organik dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Argo

Materi Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

  1. Pendahuluan
  2. Pupuk Organik
  3. Pembuatan Pupuk Organik
  4. Pembuatan Biakan Mikroorganisme
  5. Penerapan Biakan Mikroba Cair
  6. Pengembangan Mikroba Alami dengan Tujuan Khusus
  7. Pengembangan Mikroba Industri
  8. Pembuatan Pupuk Organik
  9. Pembuatan Pupuk Organik Instan
  10. Teknik Meramu Pupuk Organik
  11. Komposisi Ramuan Pupuk Organik untuk Tujuan Tertentu
  12. Studi Kasus dan Diskus

Metode Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Metode Training Pembuatan Pupuk Organik dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

Instruktur Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Instruktur yang berkompeten di bidang Argo

Peserta Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Peserta yang dapat mengikuti training Pembuatan Pupuk Organik ini adalah yang ingin mendalami bidang Argo.

Jadwal Berdiklat Training 2024 :

  • Batch 1 : 10 – 11 Januari 2024 || 23 – 24 Januari 2024
  • Batch 2 : 6 – 7 Februari 2024 || 20 – 21 Februari 2024
  • Batch 3 : 5 – 6 Maret 2024 || 19 – 20 Maret 2024
  • Batch 4 : 2 – 3 April 2024 || 15 – 16 April 2024
  • Batch 5 : 7 – 8 Mei 2024 || 21 – 22 Mei 2024
  • Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024 || 19 – 20 Juni 2024
  • Batch 7 : 3 – 4 Juli 2024 || 17 – 18 Juli 2024 || 30 – 31 Juli 2024
  • Batch 8 : 13 – 14 Agustus 2024 || 26 – 27 Agustus 2024
  • Batch 9 : 10 – 11 September 2024 || 24 – 25 September 2024
  • Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024 || 23 – 24 Oktober 2024
  • Batch 11 : 5 – 6 November 2024 || 20 – 21 November 2024
  • Batch 12 : 2 – 3 Desember 2024 || 16 – 17 Desember 2024

Kisaran Rp 5.000.000,- an (**syarat dan ketentuan berlaku**)
Harga setiap kota akan berbeda serta semakin banyak peserta dalam 1 instransi yang sama, pun akan lebih murah. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami segera.

Investasi dan Lokasi pelatihan:

  • Yogyakarta
  • Jakarta
  • Bandung
  • Bali
  • Surabaya

Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas :

  • Module / Handout
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive
  • Training room full AC and Multimedia
Training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan (3 days training)
Training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan (3 days training)

Silabus Training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan

(3 days training)

Deskripsi Training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan

Training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan (3 days training)(3 days training)

Pinjam Pakai Kawasan Hutan adalah penggunaan atas sebagian kawasan hutan kepada pihak lain untuk kepentingan pembangunan di luar kegiatan kehutanan tanpa mengubah status, peruntukan dan fungsi kawasan tersebut.Tujuannya adalah membatasi dan mengatur penggunaan sebagian kawasan hutan untuk kepentingan srtategis atau kepentingan umum terbatas di luar sektor kehutanan tanpa mengubah status, fungsi dan peruntukan kawasan hutan. Menghindari terjadinya enclave didalam kawasan hutan.

Sesuai dengan ketentuan Pasal 38 ayat (3) UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan bahwa penggunaan kawasan hutan untuk kepentingan pertambangan dilakukan melalui pemberian izin pinjam pakai oleh Menteri dengan mempertimbangkan batasan luas dan jangka waktu tertentu serta kelestarian lingkungan.

Ketentuan mengenai izin pinjam pakai tersebut diatur lebih lanjut oleh Peraturan Menteri Kehutanan Nomor : Permenhut No.P.18/Menhut-II/2011 jis No.P.38/Menhut-II/2012, No.P.14/Menhut-II/2013 Tentang pedoman pinjam pakai kawasan hutan. Dalam Peraturan ini dijelaskan ketentuan mengenai tata cara pengajuan permohonan Izin Pinjam Pakai.

Namun pada prakteknya, permohonan Izin Pinjam Pakai tidak semudah yang tertera di dalam peraturan tersebut. Terdapat beberapa permasalahan terkait permohonan itu, diantaranya adalah overlapping kepemilikan izin  antara dua perusahaan yang berkepentingan. Bebagai masalah tentang kehutanan menjadi suatu masalah yang tidak ada habis habisnya menyangkut tumpang tindih atas pinjam pakai dengan perusahaan yang lain, antara regulasi dan implementasi selalu berbeda dan sering mengakibatkan konflik sesama pengusaha ataupun dengan masyarakat.

Pelatihan ini akan membahas mengenai masalah masalah yang timbul dipertambangan, kehutanan dan perkebunan dalam hal pedoman pinjam pakai kawasan hutan untuk pertambangan, kehutanan dan perkebunan yang akan berdampak pada konflik serta alternative penyelesaiannya dengan tujuan agar masalah masalah yang dihadapi oleh perusahaan dan pemilik modal dengan pemilik tanah dapat diselesaikan dengan baik tanpa adanya konflik kepentingan dan terus menerus yang tidak ada habisnya sampai sekarang.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan (3 days training) ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Tujuan Training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan

Dengan mengikuti pelatihan Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan (3 days training) Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan (3 days training) dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Legal

Materi Training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan

1. Pendahuluan

  • Kebijakan pemerintah terkait pengelolaan pertambangan, Migas, perkebunan dan industri lainnya dikawasan hutan
  • Perizinan IUPHHK-HA, IUPHHK-HTI, IUPHHK-Restorasi Ekosistem, serta IPPKH untuk kegiatan operasi produksi pertambangan dan kegiatan non tambang
  • Reklamasi pasca tambang di kawasan hutan
  • Refleksi atas strategi dan aksi atas percepatan kepastian hukum dan usaha di kawasan hutan
  • Model tata kelola hutan yang mensejahterakan masyarakat dan hidupnya perusahaan dikawasan hutan

2. Kebijakan Pertanahan

  • Hak penguasaan lahan di kawasan hutan dan pengelolaannya
  • Pengkajian dan penanganan masalah pertanahan, konflik, sengketa dan perkara pertanahan dan penyelesaian masalah tersebut
  • Eksistensi tanah ulayat dikawasan hutan untuk industri pertambangan, migas, kehutanan dan perkebunan
  • Pengadaan tanah dan pembebasan tanah dalam undang undang No 2 Tahun 2012 dan Perpres No 71 Tahun 2012
  • Menuju reforma Agraria dikawasan hutan
  • Kepemilikan atas hak tanah atas ketetapan pemerintah, adat
  • Sertifikasi hak atas tanah

3. Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan

  • Mekanisme dan tata cara serta persyaratan permohonan pinjam pakai kawasan hutan dan waktu proses pengurusan perizinan pinjam pakai kawasan hutan serta kendala dan solusinya
  • Permenhut No.P.18/Menhut-II/2011 jis No.P.38/Menhut-II/2012, No.P.14/Menhut-II/2013 Tentang Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan
  • PP No 60 tahun 2012 tentang Tentang Tata cara perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan untuk Pertambangan dan perkebunan & PP no 61 tahun 2012 Tentang Kawasan Hutan
  • Permenhut Nomor P.63/Menhut-II/2011 tentang Pedoman Penanaman Bagi Pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan Dalam Rangka Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai.
  • P.20/Menhut-II/2013 Perubahan Atas Peraturan Menteri Kehutanan Nomor. P.14/Menhut-II/2011 Tentang Izin Pemanfaatan Kayu
  • P.21/Menhut-II/2013 Standar Biaya Produksi Pemanfaatan Kayu Pada Izin Pemanfaatan Kayu

4. Tumpang Tindih Lahan dan Izin di Kawasan Hutan

  • Masalah utama tumpang tindih lahan dikawasan hutan
  • Masalah utama tumpang tindih perizinan di kawasan hutan
  • Sinkronisasi peraturan lintas sektoral
  • Tambang Rakyat
  • Koordinasi pemerintah pusat dengan daerah dengan adanya otonomi
  • Pemekaran wilayah
  • Luas wilayah yang berbeda beda
  • Penerbitan izin karena penggantian Bupati tanpa koordinasi

5. BNBP Kendala dan Pelaksanaannya

  • PermenhutNo.P.56/Menhut-II/2008 tentang Tata Cara Penentuan Luas Areal Terganggu Dan Areal Reklamasi Untuk PNBP Penggunaan Kawasan Hutan
  • Potensi terjadinya pungutan liar dalam pelaksanaan kewajiban penyetoran penerimaan negara oleh perusahaan
  • Pelaksanaan pembayaran penerimaan negara oleh perusahaan, jenis-jenis pembayaran penerimaan negara yang disetorkan oleh perusahaan, serta kendala dan tantangan dalam pelaksanaan penyetoran penerimaan Negara tersebut
  • Aliran penerimaan sektor kehutanan dan konteks REDD+ ( pajak ; PPh, PPn, PBB sedangkan non pajak ; PSDH ( Provisi Sumber Daya Hutan ), DR (Dana Reboisasi), IIUPH (Iuran Ijin Usaha Pemanfaatn Hutan)
  • Penatausahaan PNBP dan denda pelanggaran eksploitasi hutan

Peserta Training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan

Peserta yang dapat mengikuti training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan (3 days training) ini adalah yang ingin mendalami bidang Legal

Para praktisi manajemen kontrak, Associate lawyer, Legal manager/staff, Perusahaan pertambangan, Perusahaan kehutanan, Perusahaan perkebunan, Masyarakat umum

Metode Training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan

Metode Training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan (3 days training) dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Case Study
  • Simulasi
  • Evaluasi

Instructor Training Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan

Instruktur yang berkompeten di bidang Legal

Dr Leli Joko S, SH, MH / Dr. Ir. Susila Herlambang, M. Si and Team

(Pakar dalam bidang agriculture, akademisi dan sekaligus praktisi, yang telah berpengalaman dalam memberikan training & consulting pada organisasi/perusahaan milik pemerintah maupun swasta).

Jadwal Berdiklat Training 2024:

  • Batch 1 : 10 – 11 Januari 2024 || 23 – 24 Januari 2024
  • Batch 2 : 6 – 7 Februari 2024 || 20 – 21 Februari 2024
  • Batch 3 : 5 – 6 Maret 2024 || 19 – 20 Maret 2024
  • Batch 4 : 2 – 3 April 2024 || 15 – 16 April 2024
  • Batch 5 : 7 – 8 Mei 2024 || 21 – 22 Mei 2024
  • Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024 || 19 – 20 Juni 2024
  • Batch 7 : 3 – 4 Juli 2024 || 17 – 18 Juli 2024 || 30 – 31 Juli 2024
  • Batch 8 : 13 – 14 Agustus 2024 || 26 – 27 Agustus 2024
  • Batch 9 : 10 – 11 September 2024 || 24 – 25 September 2024
  • Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024 || 23 – 24 Oktober 2024
  • Batch 11 : 5 – 6 November 2024 || 20 – 21 November 2024
  • Batch 12 : 2 – 3 Desember 2024 || 16 – 17 Desember 2024

 

Kisaran Rp 5.000.000,- an (**syarat dan ketentuan berlaku**)
Harga setiap kota akan berbeda serta semakin banyak peserta dalam 1 instransi yang sama, pun akan lebih murah. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami segera.

Investasi dan Lokasi pelatihan:

  • Yogyakarta
  • Jakarta
  • Bandung
  • Bali
  • Surabaya

Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas :

  • Module / Handout
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive
  • Training room full AC and Multimedia
Training Bioetanol Generasi Kedua (3 days training)
Training Bioetanol Generasi Kedua (3 days training)

Silabus Training Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days training)

Deskripsi Pelatihan Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days training)

Training Bioetanol Generasi Kedua (3 days training)Bioethanol adalah salah satu bentuk energy terbaharui  yang dapat diproduksi dari tumbuh – tumbuhan. Bioethanol dapat diproduksi dari tanam – tanaman seperti jagung, singkong, kentang, tebu dan lainnya. Meningkatnya produksi bioethanol di dunia dikarenakan etanol sering dijadikan bahan tambahan atau campuran untuk bensin sehingga menjadi biofuel. Proses pembuatan bioethanol meliputi aspek fermentasi dan destilasinya.

Proses pembuatan bioethanol dibedakan menjadi tiga berdasarkan bahan bakunya yaitu bahan baku sumber gula, pati dan serat.Produksi etanol di dunia meningkat 3 kali lipat untuk bahan bakar transportasi dalam kurun waktu 7 tahun, dari 17 miliar liter pada tahun 2000 menjadi 52 miliar pada tahun 2007. Bioethanol tidak saja menjadi alternative yang sangat menarik untuk subtitusi bensin , namun mampu juga menurunkan emisi CO2.

Dalam hal prestasi mobil , bioethanol dan gasohol ( kombinasi bioethanol dan bensin ) tidak kalah dengan bensin. Supply ethanol sebagai bahan pencampur minyak fosil beberapa tahun belakangan ini menandakan dimulainya era bahan bakar hijau (green transport fuels). Produk minyak yang sangat ramah lingkungan ini lebih populer disebut gasohol.

Gasohol diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan meningkatkan kesejahteraan jutaan petani yang menanam tanaman untuk bahan baku ethanol.Sedangkan bioethanol generasi kedua berbahan baku limbah hasil perkebunan, kehutanan, dan pertanian. Bioetanol generasi kedua paling berpeluang diproduksi untuk mengurangi beban ketergantungan pada bahan bakar fosil. Meskipun belum mampu bersaing, bioetanol makin memiliki prospek seiring dengan menipisnya cadangan minyak bumi.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days Training) ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Tujuan Pelatihan Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days training)

Dengan mengikuti pelatihan Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days Training) Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days Training) dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Agro

Training pembuatan bioetanol generasi kedua ini sebagai  alat bantu para pengusaha dan usaha masyarakat untuk mengetahui dasar bahan pembuatan bioetanol, mengetahui proses pembuatannya, serta menghasilkan bioetanol yang berkualitas baik.

Materi Pelatihan Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days training)

OUTLINE MATERI :

  • Pengertian Dasar  Tentang Bioetanol Generasi Kedua
  • Bahan – Bahan Dasar Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua
  • Proses Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua
  • Pangsa Pasar Harga Bioetanol

Bioetanol yang Berkualitas dan Berdaya Jual Tinggi

Peserta Pelatihan Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days training)

Peserta yang dapat mengikuti training Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days Training) ini adalah yang ingin mendalami bidang Agro

Kelompok UKM di daerah, pengusaha etanol , dan instrument lain yang berhubungan dengan pertanian .

Metode Pelatihan Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days training)

Metode Training Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days Training) dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

· Presentasi· Diskusi· Case Study

· Simulasi

. Evaluasi

Instructor Pelatihan Pembuatan Bioetanol Generasi Kedua (3 days training)

Instruktur yang berkompeten di bidang Agro

Tim Instruktur :Ir. Dyah Arbiwati, MP / Dr. Ir. Susila Herlambang, M. Si and Team

(Pakar dalam bidang agriculture, akademisi dan sekaligus praktisi, yang telah berpengalaman dalam memberikan training & consulting pada organisasi/perusahaan milik pemerintah maupun swasta).

Jadwal Berdiklat Training 2024:

  • Batch 1 : 10 – 11 Januari 2024 || 23 – 24 Januari 2024
  • Batch 2 : 6 – 7 Februari 2024 || 20 – 21 Februari 2024
  • Batch 3 : 5 – 6 Maret 2024 || 19 – 20 Maret 2024
  • Batch 4 : 2 – 3 April 2024 || 15 – 16 April 2024
  • Batch 5 : 7 – 8 Mei 2024 || 21 – 22 Mei 2024
  • Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024 || 19 – 20 Juni 2024
  • Batch 7 : 3 – 4 Juli 2024 || 17 – 18 Juli 2024 || 30 – 31 Juli 2024
  • Batch 8 : 13 – 14 Agustus 2024 || 26 – 27 Agustus 2024
  • Batch 9 : 10 – 11 September 2024 || 24 – 25 September 2024
  • Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024 || 23 – 24 Oktober 2024
  • Batch 11 : 5 – 6 November 2024 || 20 – 21 November 2024
  • Batch 12 : 2 – 3 Desember 2024 || 16 – 17 Desember 2024

 

Kisaran Rp 5.000.000,- an (**syarat dan ketentuan berlaku**)
Harga setiap kota akan berbeda serta semakin banyak peserta dalam 1 instransi yang sama, pun akan lebih murah. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami segera.

Investasi dan Lokasi pelatihan:

  • Yogyakarta
  • Jakarta
  • Bandung
  • Bali
  • Surabaya

Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas :

  • Module / Handout
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive
  • Training room full AC and Multimedia
Tanyakan pada kami ?

Kami akan membantu anda, Silakan Chat dengan salah satu Marketing Kami .

Marketing

Olisia - Marketing

Online

Marketing

Runjiyo - Marketing

Online

Marketing

Atiya - Marketing

Online

Olisia - Marketing Konsultasikan Kebutuhan Training Anda Sekarang Juga!

Kebutuhan Anda Prioritas Kami. Silakan Chat dengan salah satu Account Executive Kami 00.00

Runjiyo - Marketing Konsultasikan Kebutuhan Training Anda Sekarang Juga!

Kebutuhan Anda Prioritas Kami. Silakan Chat dengan salah satu Account Executive Kami 00.00

Atiya - Marketing Konsultasikan Kebutuhan Training Anda Sekarang Juga!

Kebutuhan Anda Prioritas Kami. Silakan Chat dengan salah satu Account Executive Kami 00.00